Minggu, 01 Maret 2015

Peluang Bisnis Pariwisata

 Peluang Bisnis Pariwisata




 ANDITA AMIRUL AKBAR
14.02.8873



Abstrak

Bisnis perjalanan pariwasata merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak diminati oleh pelaku usaha, terutama ubtuk para pelaku usaha yang tinggal didaerah-daerah dengan peluang pariwisata tingggi. 

Mengadakan sebuah perjalanan wisata tentunya memiliki satu tujuan utama, yaitu untuk berlibur dan beristirahat dari banyaknya rutinitas walau sebenarnya masih banyak tujuan lain dari pariwisata untuk mereka yang memang melakukan kegiatan ini. 

Bagi pelaku usaha, adanya bisnis pariwisata ini tentunya salah satu tujuannya adalah untuk tujan pengembangan usaha serta penghasilan.

Pariwisata sendiri sebenarnya memiliki dua pengertian, yaitu dari sudut pelaku kegiatan wisata dan juga dari sisi industri jasa. Dari sisi pelaku wisata sendiri artinya perjalanan yang dilakukan untuk tujuan berlibur atau rekreasi serta berbagai persiapan yang dilakukan untuk perjalanan tersebut.

Dari sisi industri jasa, pariwisata kerupakan industri jasa yang menyiapkan semua pelayanan jasa seperti tempat tujuan wisata, transportasi, makanan, minuman, kualitas pelayanan, tempat penginapan, asuransi, keamanan, petualangan, pengalaman yang baru,budaya, istirahat dan sebagainya.

Pariwisata sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas perekonomian suatu daerah. Oleh karena itu, peningkatan kualitan dalam bidang ini sangat penting dan harus diperhatikan. Tempat pariwisata sendiri bisa bermacam-macam. 


Isi

1. Pegunungan 

sebagai salah satu jenis objek wisata alam Indonesia yang patut dibanggakan. Berbagai Tempat Wisata Gunung yang ada di berbagai daerah di Indonesia harusnya menjadi prioritas pelancong domestik untuk dikunjungi sebelum menikmati berbagai tempat wisata gunung di luar sana.

2. Pantai dan Laut

Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

Menurut koreksi PBB tahun 2008, Indonesia merupakan negara berpantai terpanjang keempat di dunia setelah Amerika Serikat (AS), Kanada dan Rusia. Panjang garis pantai Indonesia tercatat sebesar 95.181 km.


3. Pemandian Air Panas

Mata air panas atau sumber air panas merupakan mata air yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal. Air panas lebih dapat mengencerkan padatan mineral, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Berendam di air panas dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran mata air panas dijadikan tempat pemandian sebagai obyek wisata sekaligus untuk terapi kesehatan.

4. Danau

sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.

Sebuah danau periglasial adalah danau yang di salah satunya terbentuk lapisan es, "ice cap" atau gletser, es ini menutupi aliran air keluar danau.


Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mengalami pertumbuhan kunjungan tiap tahunnya. Besarnya jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia, jelas merupakan potensi bisnis yang sangat besar untuk dimanfaatkan.

Tentunya, sektor bisnis yang terkait kedatangan wisawatan seperti akomodasi perhotelan, biro perjalanan wisata, dan jasa transportasi akan menjadi sektor yang langsung terkena dampak positifnya.

Bagi pemerintah, jelas akan ada devisa yang meningkat dari para wisatawan mancanegara. Dan tentu akan memberikan keuntungan tersendiri terkait semakin banyaknya dana yang mengalir ke Indonesia. Selain itu, sektor bisnis yang tidak terkait langsung jelas ikut merasakan dampak positifnya. Seperti perbankan, asuransi, dan bisnis yang menjadi faktor pendukung dari segala aktivitas para wisatawan mancanegara di Indonesia.

Faktor lain yang membuat Indonesia menjadi daya tarik warga negara tetangga adalah karena jumlah kekayaan alam dan jumlah masyarakat Indonesia yang sangat banyak. Dari sisi bisnis, ini sangat memberikan potensi yang besar.

Kita dapat melihat berdasarkan banyaknya perusahaan di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan, yang dimiliki warga negara Singapura dan Malaysia.

Selain itu, besarnya jumlah masyarakat Indonesia menjadi pasar yang potensial bagi para produsen dari negara tetangga. Banyak produk-produk yang dibuat di negara Malaysia namun penjualannya dilakukan di Indonesia.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah daya tarik keindahan alam yang luar biasa, sehingga mampu menyedot warga negara lain untuk masuk ke Indonesia. Potensi wisata alam Indonesia ini telah diakui warga negara Australia, Asia, dan Eropa untuk bisa menikmatinya. Bila kita lihat berdasarkan latar belakang wisatawan, kita dapat dengan mudah menjelaskan bahwa ada banyak tujuan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Seperti liburan, bisnis, dinas, pendidikan dan lainnya.

Namun berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa sebagian besar tujuan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia adalah untuk liburan dan bisnis.

Data ini menunjukan bahwa potensi objek wisata Indonesia masih menjadi daya tarik utama di dunia.

Referensi

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2013/08/23/peluang-bisnis-di-industri-pariwisata-585871.html
http://www.bimbie.com/perjalanan-pariwisata.htm
http://id.wikipedia.org/wiki

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com